Jumat, 24 Juni 2016

Resep Tempe Bacem Gurih Enak

Resep Tempe Bacem Gurih Enak


Tempe Bacem identik dengan rasa manis Legiiit...., namun Tempe Bacem yang akan saya share kali ini lebih berasa gurrriiiih...enaaaaak...., so yang eneg dengan rasa manis Legiiit  bisa coba resep saya ini.

Apa sih yang bikin beda antara Tempe Bacem  Manis dan Tempe Bacem Gurih ini?

So pasti beda bumbunya..., bumbunya berbeda..., sewaktu saya masih tinggal di Semarang dan baru mengenal tempe bacem manis, setahu saya tempe bacem yang saya kenal dari asal saya Pamotan-Rembang, khususnya masakan Emak saya yang namanya Tempe Bacem berasa gurih enak...., makanya sewaktu tinggal di Semarang kalau beli Tempe Bacem ya rasanya manis legiiit...biasanya tempe bacem manis tersebut didampingi sepupunya Tahu Bacem Manis....kalau makan sepotong, dua potong sih uenak...tapi kalau sudah lebih dari tiga potong jadi eneg...


So bagaimana cara membuat Tempe Bacem Gurih Enak seperti yang dibuat Emak Saya?

Resep Tempe Bacem Gurih Enak




Bahan Tempe Bacem Enak:

3 bungkus tempe bacem ukuran sedang
2 sdm minyak untuk menumis
1 gelas santan kelapa kental


Bumbu Tempe Bacem Gurih Enak:

3 buah cabai merah
6 buah cabai rawit
3 buah bawang putih
6 buah bawang merah
1 sdm ketumbar
1 ruas kunyit
1 ruas kencur

Ketujuh macam bumbu di atas dihaluskan.

1 ruas lengkuas di keprek
2 lembar daun salam
2 lembar daun jeruk purut
1 sdt gula pasir
Garam secukupnya
Penyedap rasa secukupnya

Cara memasak Tempe bacem gurih:

1. Panaskan minyak goreng di wajan, tumis semua bumbu yang sudah dihaluskan, masukkan pula lengkuas, daun salam, daun jeruk purut, gula pasir, garam dan penyedap rasa.
2. Setelah bumbu berbau harum, madukkan santan kental,
3. Masukkan tempe yang sudah dipotong-potong
4. Ungkep tempe beserta bumbunya tadi, sesekali tempenya dibalik, biarkan hingga santalnya tinggal sedikit,
5. Setelah tempenya matang dan santannya mengental angkat,
6. Tempe bacem siap dihidangkan bersama nasi putih hangat.

Selamat mencoba, apabila bermanfaat silahkan di like dan share!


Tag: Tempe, tempe bacem, olahan tempe, tempe goreng, aneka olahan tempe, lauk tempe, diet tempe



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Via E-mail

Subscribe Here

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.